Manfaat Desain Grafis Bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Desain Grafis Bagi Kehidupan Sehari-hari

        Desain grafis merupakan elemen penting dalam setiap jenis pekerjaan di kehidupan sehari-hari. Hampir semua bidang di dunia perlu sang desainer. Desain grafis adalah proses untuk membuat sebuah karya tampilan dalam sebuah publikasi, presentasi atau membuat situs web jadi website yang menarik dan unik. Maka dari itu , tak dapat dihindari ketika seorang desainer adalah yang paling penting dalam segala macam sektor kehidupan yang akan membuat menarik, manambah value, meningkatkan ketertarikan customers serta menciptakan kesatuan yang utuh.
     Simple saja, besar kontribusi sang desainer terhadap sebuah perusahaan dan sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan. Dalam dunia pendidikan,desain grafis cover-cover buku, gambar gambar yang menarik akan dipelajari siswa- siswi atau anak anak yang didesain semenarik mungkin dan unik agar pembaca tidak merasa bosan. Begitu juga dunia bisnis, jual beli dalam pembuatan branding desain grafis dari logo, brosur, kartu nama, desain website yang menarik dan unik.
      Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan desain grafis. Manfaat desain grafis dapat kita rasakan secara nyata di kehidupan sehari-hari. Desain grafis sendiri sangat lekat dengan persepsi, pencitraan, dan juga komunikasi. Desain gafis memudahkan dalam bertukar informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik dan lebih nyaman secara visual. Karena itulah desain grafis menjadi salah satu bidang yang diminati oleh generasi muda saat ini. Yang diperlukan adalah kreativitas dan tentu saja ilmu-ilmu dasar untuk menggunakan aplikasi desain grafis.

1. Mempercepat proses pekerjaan  

        Dengan menggunakan Desain Grafis kita bisa lebih mempercepat pekerjaan kita, contohnya kita mempunyai pekerjaan untuk memaprkan sebuah perusahhan, menggunakan desain grafis kita bisa menyelesaikannya dengan hanya membuat desain kurva/ gambar apapun itu tentang perusahaan tersebut yang dapat kita rangkai kedalam desain yang kita buat.
       Seseorang dapat memberikan hasil karya dengan menyajikan presentasi pekerjaan berupa gambar, chart, atau sebuah tulisan dengan gaya desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan. Contohnya adalah proposal. Tidak perlu menyusun dalam format seperti laporan dengan banyak tulisan yang terkadang membuat orang malas untuk membacanya. Cukup poin-poin penting yang ingin disampaikan dan dibuat dalam bentuk desain yang menarik dan atraktif. Proposal sponsorship yang dibuat BIC sendiri juga didesain ulang oleh Tim Multimedia kami menjadi lebih menarik.

2. Dapat menyampaikan pesan dalam bentuk grafis.

        Melalui desain Grafis kita bisa menyampaikan pesan terhadap orang banyak, misalkan kita bisa menyampaikannya dengan membuat poster, banner, pamflet yang nantinya pesan tersebut dapat terbaca oleh orang banyak.

3. Menjadi tempat pengungkapan perasaan

Setiap orang pasti memiliki perasaan yang terkadang sulit di ungkapkan, setelah belajar Desain Grafis di Dumet School dengan sebuah aplikasi Photoshop atau Adobe lainnya dapat mengungkapkan perasaan dalam bentuk Grafis.

4. Memberikan hasil gambar yang lebih menarik dan indah

Gambar yang di hasilkan baik melalui jepretan kamera ataupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang sesuai keinginan, dengan sentuhan Desaign Grafis maka gambar tersebut akan lebih menarik dan indah di lihat.

5. Dapat menghasilkan Uang

        Dengan sebuah hasil karya yang dapat memukau orang banyak, karya yang kita buat akan mempunyai harga jual yang tinggi, kita tinggal menampilkan hasil karya-karya kita di sebuah blog atau apapun itu yang nantinya akan dapat dilihat orang dan nantinya apabila ada orang yang tertarik dengan karya kita, ia pasti berani untuk membayar berapapun untuk hasil karya kita. Dan sebagai contoh yaitu desain logo perusahaan-perusahaan terkenal, siapa sangka harga logo tersebut bisa mencapai ratusan juta atau bahkan milyaran.

6. Mencipatkan Branding di Dunia Bisnis

    Desain memang tidak diragukan lagi berperan penting dalam sebuah bisnis. Dalam sebuah campaign marketing, desain memberikan peran besar untuk menciptakan serta meningkatkan penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti halnya design web, poster, brosur, flyer, banner dan masih banyak lainnya. Tidak sedikit orang yang tidak mementingkan desain sebagai salah satu strategi marketing terdepan. Padahal hal yang pertama kali dilihat oleh orang dalam mengenali produk mereka adalah desain produk itu sendiri, bukan?
     Desain merupakan strategi marketing yang sangat efektif. Dimana desain mampu menggambarkan image yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan sehingga menarik customer. Rata-rata alasan orang membeli produk karena media promosi yang bagus terutama desain packagingnya atau branding dari produk itu sendiri. Dengan desain yang terencana dan tepat sasaran kepada target marketnya akan mampu meningkatkan penjualan. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan perusahaan pada desain tersebut. Desain tidak hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar. Sebuah desain harus mampu menggambarkan tujuan yang ingin dicapai secara visual. Selain itu, desain juga harus dapat mengidentifikasikan perusahaan dengan menjadi ciri khas perusahaan yang nantinya akan membedakan perusahaan dengan kompetitornya yang biasa disebut branding. BIC sendiri warna brandingnya adalah biru dan kuning dengan desain logo warna serupa berbentuk huruf B yang menjadi ciri khas organisasi kami.

7. Membuat Pikiran Fresh

      Desain grafis, terutama yang memiliki konten humor dapat memudahkan masyarakat untuk menjadikan pikiran menjadi lebih fresh jika sebelumnya penat.

8. Sumber Inspirasi

      Banyaknya ragam desain yang dibuat oleh designer dalam desain grafis membuat orang lain akan ikut tertarik dengan desain yang mereka buat dan dapat mengembangkan kreativitas masing-masing.

disini kita dapat mengetahui berbagai macam manfaat dalam dunia desain, maka dari itu mari kita belajar desain :D

Comments

Popular posts from this blog

tutorial cara memasukkan foto kedalam objek di adobe ilustrator

Macam-macam Software yang digunakan dalam Desain Grafis

cara membuat segitiga dengan mudah di Illustrator