Cara membuat barcode di Corel draw

Cara membuat barcode di Corel draw

 Pengertian Barcode

       Pengertian Barcode dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya. Barcode pertama kalinya diperkenalkan dan dipatenkan di Amerika oleh Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver mahasiswa Drexel Institute of Technology pada akhir 40-an. Implementasi Barcode dimungkinkan atas kerja keras dua orang insinyur yaitu Raymond Alexander dan Frank Stietz. Sampai akhirnya pada tahun 1966 Barcode digunakan untuk kepentingan komersial meskipun belum terlalu dirasakan keberhasilannya sampai tahun 80-an.
       Barcode adalah informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. Barcode dibaca dengan menggunakan sebuah alat baca barcode atau lebih dikenal dengan Barcode Scanner. Merk Barcode Scanner yang terkenal diantaranya DATALOGIC PSC,HHP, CHIPERLAB, ZEBEX, dan lain-lain. Seiring semakin bertambahnya penggunaan barcode, kini barcode tidak hanya bisa mewakili karakter angka saja tapi sudah meliputi seluruh kode ASCII. Kebutuhan akan kombinasi kode yang lebih rumit itulah yang kemudian melahirkan inovasi baru berupa kode matriks dua dimensi (2D barcodes) yang berupa kombinasi kode matriks bujur sangkar. 2D Barcode ini diantaranya adalah PDF Code, QRCode, Matrix Code dan lain-lain. Dengan menggunakan 2D code karakter yang bisa kita masukkan ke Barcode bisa semakin banyak, dengan 1D Barcode biasanya kita hanya memasukkan kode 5-20 digit tetapi dengan 2D Barcode kita bisa memasukkan sampai ratusan digit kode.
  
HOW TO CREATE BARCODE IN COREL DRAW ?? 
  Hey guys, disini saya akan menjelaskan bagaimana tatacara membuat barcode di coreldraw   :
 Pertama, kita buka dulu star-all program-corel draw dan buatlah lembar kerja baru
 Kedua, kita langsung aja buka object-insert barcode


Ketiga, langsung kita pilih EAN-13-ketik kode yang inginkan-enter


Keempat, apabila dibutuhkan atur nilai-nilai dibawah ini untuk menyesuaikan bentuk barcode, klik next . dan akan muncul jendela baru lagi lalu klik finish.
Selamat mencoba, dan hasilkan karya terbaikmu :D

Comments

Popular posts from this blog

tutorial cara memasukkan foto kedalam objek di adobe ilustrator

Macam-macam Software yang digunakan dalam Desain Grafis

cara membuat segitiga dengan mudah di Illustrator