Macam-macam Software yang digunakan dalam Desain Grafis

Macam-macam Software yang digunakan dalam Desain Grafis

Desain graphic adalah salah satu wujud seni lukis (gambar) terapan yang menyediakan kebebasan untuk sang desainer (perancang) dalam memilih, membuat, atau mengatur elemen rupa  menjadi seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas sebuah permukaan dengan tujuan agar diproduksi dan dikomunikasikan menjadi suatu pesan.
Desain grafis juga mempunyai banyak aplikasi, seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Adobe Indesign, Corel draw dan masih banyak  yang tidak saya sebutkan satu persatu. Disini saya akan berbagi tentang macam-macam software desain grafis dan fungsinya :
 1. Adobe Illustrator

 Adobe Illustrator diciptakan pada tahun 1986 dan dirancang untuk bekerja dengan komputer Macintosh.Perusahaan tidak memiliki persentase besar dari pasar, dan alat-satunya perangkat lunak yang mampu menantang Adobe Illustrator adalah LaserWriter, alat yang diproduksi oleh Apple. Adobe Illustrator adalah alat yang ampuh yang memiliki kurva belajar rendah. Meskipun ini, terkenal dengan tingkat presisi. Banyak orang telah menemukan Adobe Illustrator untuk menjadi alternatif yang berguna untuk alat desain kompleks seperti AutoCad. Selain ini, Adobe Illustrator tempat penekanan pada lukisan, sesuatu yang hilang dari AutoCad ketika pertama kali diperkenalkan.
Alat utama yang digunakan di Illustrator adalah kurva Bezier atau  merupakan kurva berparameter yang sering digunakan dalam grafika komputer dan bidang yang berkaitan. Sebuah kurva dapat dibuat, dan lingkaran atau busur dapat dibuat dari itu.

 Illustrator juga mendukung file PostScript . Dukungan untuk PostScript diperbolehkan pengembang untuk menciptakan program yang secara khusus dirancang untuk membuat file Illustrator. Ketika Adobe Illustrator 1.1 diperkenalkan, itu menampilkan video yang menunjukkan John Warnock pengajaran penggunaan program. Satu-satunya fitur yang Illustrator kekurangan untuk jangka waktu yang panjang adalah campuran atau gradien mengisi. Bahkan, fitur ini tidak akan sering terlihat sampai rilis dari Adobe Illustrator 5. Sebagai sebuah perusahaan, Adobe dikenal karena mengambil risiko dengan rilis Illustrator, terutama ketika datang ke antarmuka.
Sementara Illustrator awalnya dirilis untuk Macintosh, ia dirancang untuk platform lainnya pada awal 1990-an.Beberapa platform yang didukung adalah Adobe Illustrator Sun Solaris, SGI IRIX, dan MS Windows. Namun, perangkat lunak tidak melakukan dengan baik pada banyak platform, dan dukungan bagi mereka dijatuhkan. . Program menggambar yang ideal untuk OS Windows CorelDraw. Beberapa perubahan besar dibuat ke versi 6 Illustrator yang diperkenalkan pada tahun 1996. hingga sampai saat ini TrueType  masih didukung , dan ini menyebabkan persaingan antara TrueType  dan PostScript yang lebih tua.  adapun komponen-komponen adobe illustrator adalah sebagai berikut : menu bar pada adobe illustrator , toolbox , navigator dan info , color dan color guide , stroke , gradient transparency , layers, action, dan Links.
Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.  

 Kelebihan Adobe Illustrator  :
  •     Toolbar yg disediakan cukup Komplit
  •     Fiturnya cukup lengkap.
  •     Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.
  •     Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.
  •     Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya.
  •     Seri Semua produk adobe dapat terkenoneksi dengan user di seluruh dunia, hal ini untuk mempermudah sharing.
  •     Proses lebih ringan dan lebih cepat
  •     Adobe Illustrator  mempunyai kemampuan, fitur dan fasilitas yang benar -benar dapat diandalkan untuk memudahkan pekerjaan kreatif Anda.
  •     Tampilan terbaru Adobe Illustrator . ini sangat ramah penggunan, dan memiliki design elegan dan tidak menyakitkan mata. Penggunaannya sangat mudah sehingga dapat mengakses beragam fitur yang ada terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui menu, toolbox, pallete dan sebagainya.
  •     Adobe Illustrator   kompatibel dengan bermacam software lain untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain.
  •     Adobe Illustrator  sangat mumpuni dalam menangani beragam pekerjaan desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Kekurangan Adobe Illustrator:
  •     Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.
  •     Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya
  •     Tempat produksi terkadang ada yang ngga support
  •     Untuk mengedit atau memberi efek pada foto sangat susah
  •     Harus didukung dengan pc yg sesuai dengan design
 2. Photoshop
            Photoshop adalah program atau aplikasi yang khusus untuk membuat dan memanipulasi / mengedit objek atau gambar. Adobe Photoshop ini biasanya banyak digunakan oleh para photografer digital dan perusahaan iklan. Bersama Adobe Acrobat, Adobe Photoshop ini merupakan produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Saat ini Adobe Photoshop tidak hanya dirancang untuk sebuah pengeditan gambar / foto tetapi sekarang sudah berkembang dan dapat dipakai untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web dan juga sudah disertai dengan aplikasi seperti Adobe Image Ready. Setelah mengetahui apa pengertian photoshop, kini simak bagaimana asal mula berdirinya photoshop atau sejarah photoshop.

          Sejarah Photoshop
         Seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan yaitu Thomas Knoll, pada tahun 1987 menulis suatu program pada Macintosh Plus untuk menampilkan sebuah gambar Grayscale pada layar monokrom. Bersama dengan saudaranya yaitu John Knoll yang juga karyawan dari Industrial Light & Magic, merubahnya menjadi program penyunting gambar. Pada tahun 1988 kedua kakak beradik itu merubahnya dengan nama ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan".
         Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.
       Versi terbarunya yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2. Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Versi berikutnya diliris dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW'', sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.



3. Adobe Indesign
 Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku. Desainer dan artis merupakan salah satu pengguna utama program ini. InDesign merupakan kompetitor langsung QuarkXPress. Banyak perusahaan percetakan di Indonesia yang menggunakan software ini untuk membuat buku atau majalah. Juga digunakan untuk perusahaan percetakan koran. Adobe InDesign adalah aplikasi perangkat lunak yang diproduksi oleh Adobe Systems. Software ini dapat digunakan untuk membuat karya seperti poster, flyer, brosur, majalah, koran dan buku.

      InDesign sebenarnya adalah penerus Adobe PageMaker, yang diakuisisi dengan pembelian Aldus pada akhir 1994. Pada tahun 1998 PageMaker telah kehilangan hampir seluruh pasar profesional ke QuarkXPress, relatif kaya fitur 3,3 dirilis pada 1992, dan 4.0, dirilis pada tahun 1996.  Quark menyatakan niatnya untuk membeli Adobe dan untuk melepaskan perusahaan gabungan PageMaker untuk menghindari masalah ketidak percayaan. Adobe menolak tawaran itu dan bukannya terus bekerja pada aplikasi baru untuk tata letak halaman. Proyek ini telah dimulai oleh Aldus dan kode-bernama "Shuksan". Ia kemudian diberi nama kode "K2" dan dirilis sebagai InDesign 1,0 pada tahun 1999.

      Pada tahun 2002, InDesign Mac OS X untuk pertama kalinya tampil sebagai perangkat lunak desktop publishing (DTP). Dalam versi 3 (InDesign CS) itu menerima dorongan dalam distribusi dengan menjadi dibundel dengan Photoshop, Illustrator, dan Acrobat di Creative Suite.
InDesign mengekspor dokumen Portable Document Format Adobe (PDF) dan memiliki dukungan multibahasa. Ini adalah aplikasi DTP pertama yang mendukung Unicode untuk pengolahan teks, tipografi maju dengan OpenType font, transparansi fitur canggih, gaya tata letak, penyelarasan marjin optik, dan lintas-platform script menggunakan JavaScript.

     Versi berikut software tersebut memperkenalkan format file baru. Untuk mendukung fitur baru, terutama tipografi. Ini diperkenalkan dengan InDesign CS, baik program dan format dokumen yang tidak mundur-kompatibel. Sebaliknya, InDesign CS2 tidak mendukung representasi dokumen berbasis XML. InDesign CS versi 3.1 diperbarui dengan April 2005 update dapat membaca InDesign CS2-file disimpan diekspor ke format Inx. Format Interchange InDesign tidak mendukung versi sebelumnya dari InDesign CS. Adobe InDesign CS3 dikembangkan sebagai perangkat lunak biner universal yang kompatibel dengan Intel dan pada tahun 2007, di jadikan mesin asli Power PC Mac. Selain di gunakan untuk mendesain media cetak, baru-baru ini InDesign juga dapat mempublikasikan konten yang cocok untuk perangkat tablet bersama dengan Adobe Digital Publishing Suite. Sekarang sudah tersedia Indesign versi CC yang mempunyai fitur-fitur terbaru, versiterbaru software indesign adalah InDesign versi CC 2015 dan InDesign CS6.

       Kelebihan Adobe Indesign :
  •     Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas yang digunakan untuk proses membuat objek gambar tampak blur.
  •     Pada Adobe InDesign terdapat fasilitas Effect Photoshop (shadow, bevel, glow, dll).
  •     Dapat Import dan menampilkan gambar transparant dengan sempurna.
  •     Dapat menggambar ulang suatu LOGO, Object Atau Gambar.
  •     Dapat import file dengan format pdf., ai., psd,. Jpg,. Doc,/docx.
  •     Tersedia fasilitas untuk membuat tabel.
  •     Dapat membuka file pmd.
  •     Dapat dengan mudah convert ke format pdf. Dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Adobe InDesign.
      Kelemahan Adobe Indesign :
  •     Hanya saja dapat digunakan untuk membuat Layout Seperti Koran, Majalah, Koran dan lain-lain.
  •     Jika menggunakan atribut justify (Rata Kanan dan Kiri). Hal ini akan menghasilkan jarak antar kata yang tidak seimbang, terlalu renggang atau terlalu rapat. Di butuhkan ketelitian untuk mengatasinya.
  •     Dalam Penggunaan Math Type mengalami kesulitan dalam proses pemindahan.
4. Corel Draw

            CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada, Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X5 atau versi 15 yang diluncurkan di bulan februari 2010. Sejarah CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi software Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector untuk disatukan dengan sistem desktop publishing mereka.

Kelebihan Coreldraw
1. Hasil gambar berbasis vektor lebih baik
2. Dukungan format Import / Export yang banyak
3. Kemudahan dalam penggunaan
4. Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek
5. Menjadi standar industri dan perusahaan

 Kekurangan Coreldraw
1. Resource dan ukuran file yang besar
2. Saat penggabungan dua objek vektor dan Photo / bitmap kualitas cetakanya kurang memuaskan
3. Pembuatan tabel agak sulit di Coreldraw
4. Tidak cocok untuk pengeditan foto
5. Isu kompatibiltas Untuk File tertentu

Demikian penjelasan dari saya guys,,,, semoga bermanfaat...




Comments

Popular posts from this blog

tutorial cara memasukkan foto kedalam objek di adobe ilustrator

cara membuat segitiga dengan mudah di Illustrator