Cara agar Mendapatkan pekerjaan freelance lebih banyak

Cara agar Mendapatkan pekerjaan freelance lebih banyak

   Sebelum saya menjelaskan beberapa cara agar mendapatkan pekerjaan freelance lebih banyak, disini saya akan menjelaskan keuntungan dari freelance itu sendiri.



       Pekerjaan sampingan atau freelance sendiri sering juga dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki pekerjaan yang bersifat full time. Di samping mendapatkan keuntungan secara materi (uang tambahan), sebenarnya banyak sekali alasan mengapa banyak orang yang tetap bekerja sebagai freelancer meskipun sudah punya pekerjaan tetap.


Meningkatkan Pendapatan

     Keuntungan yang pertama tentunya adalah dapat meningkatkan pendapatan Anda. Meskipun bekerja sebagai freelancer memang melelahkan karena Anda harus bekerja lagi di malam hari maupun akhir minggu, namun pendapatan freelance didapatkan cukup lumayan. Bayangkan jika pekerjaan Anda bisa memberikan uang tambahan hingga Rp1.000.000 - 2.000.000,- setiap bulannya, berarti dalam setahun Anda bisa mendapatkan hingga Rp24.000.000,-  dari pendapatan freelance saja. Uang sebanyak ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk dialokasikan ke pengeluaran lain yang lebih darurat.

Nah, dan berikut ini merupakan beberapa cara agar mendapatkan pekerjaan freelance lebih banyak, diantaranya :

01. Tampilkan Diri

      Cara pertama agar kita bisa mengapresiasikan karya kita dimedia sosial, kita harus membuat situs blog atau website terlebih dahulu. disana kita bisa mempromosikan hasil karya-karya kita yang akan menarik perhatian pembaca, dan juga sebagai alat untuk mempromosikan karya kita. 

     Nah cara ini pula merupakan cara yang paling potensial dan peluang besar bagi kita untuk mendapatkan klien.

     Jika anda belum mengetahui bagaimana cara membuat website atau blog, anda bisa menggunakan blog gratis seperti wordpress, blogspot, drupal..d.l.l.

    Dan hal yang paling penting adalah, dihalaman pertama anda harus menyatakan bahwa anda siap dibayar dan bersedia menjadi freelance. karna orang akan sangat menghargai sebuah karya yang membuat mereka tertarik dengan karya yang kita buat.

02. Hindari terlalu membawa perasaan ketika menerima penolakan

    Sebagai seorang freelancer, anada harus bisa bersikap se-propesional mungkin. Selalu ada saat dimana karya anda disenangi orang dan ada kala juga karya anda malah menjadi bahan olokan, ditolak mentah-mentah oleh konsumen atau mungkin diabaikan, nah disitulah mental kita sedang diuji, dan kita harus bisa tetap tenang dan sabar mendengar hal seperti itu,dan ingat pula anda harus tetap tersenyum sembari  memperbaiki kesalahan apa yang anda buat sehingga memb8uat konsumen menolak hasil karya anda. 

03. Berkumpul dengan sesama freelance untuk berbagi tips

     Experience is the best teacher/ pengalaman adalah guru terbaik, maka dari itu ketika kamu bertemu dengan sesama freelance, disitulah terjadi komunikasi dan berbagi pengalaman, dan pengalaman yang kita dapat dari freelancer lain dapatkan dapat kita jadikan sebagai pembelajaran bagi bidang yang sedang anda geluti.

04. Selalu up-to-date dalam melihat tren yang sedang berjalan

      Dunia freelance ini selalu bergerak dinamis. maka dari itu kita tidak boleh ketinggalan zaman dan harus selalu up to date karena itu akan berpengaruh penting terhadap permintaan konsumen yang cenderung akan terus mengikuti perkembangan zaman. 

05. Selalu perhatikan penampilan ketika bertemu dengan klien

     Dimanapun dan kapanpun anda bekerja penampilan sangatlah menentukan keberhasilan kita, itu karena orang lain bisa mempercayai kita dimulai dengan ia melihat penampilan kita yang menurut ia dapat dipercaya ataupun tidak.

06. Promosikan dirimu

      Sebelumnya kamu harus mempersiapkan portofolio untuk mempromosikan hasil-hasil karyamu, setelah kamu siap dengan portofolio, kini saatnya kamu mencari proyek kerja freelance pertamamu dengan cara mulut ke mulut. Tawarkan keahlianmu pada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman kuliah, teman kantor, tetangga, atau siapapun yang mungkin bisa menjadi klienmu di masa depan. Temui mereka, dan cari tahu kebutuhan mereka yang mungkin bisa kamu penuhi dengan keahlianmu. Mungkin awalnya kamu merasa tidak percaya diri dan takut bertemu dengan orang-orang yang tidak kamu kenal sebelumnya dan membicarakan bisnis. Tapi percayalah, cepat atau lambat, kamu akan membutuhkannya.

Maybe i think enough,, good bye :D



Comments

Popular posts from this blog

tutorial cara memasukkan foto kedalam objek di adobe ilustrator

Macam-macam Software yang digunakan dalam Desain Grafis

cara membuat segitiga dengan mudah di Illustrator